Nasi Ijo by GMC
Kawan,sebenernya atashi mau postingnya tuh dulu-dulu. Pas ada acara SATASVAGANZA. Yahh..udah 2 minggu yang lalu. Tapi biarlah.
Dulu tuh kan harusnya atashi libur. Soalnya di kalender juga merah. Ehhh..malah di suruh ke sekolah buat bazar di pra event 2 SATASVAGANZA. Nyebelin dasar. Yaudah deh kepaksa atashi dateng ke sekolah,demi persatuan dan kesatuan GE-EM-CE sincostan class.
Tadi tuh ceritanya setiap kelas temanya beda-beda. Temanya ditentuin lewat undian dari panitia. Kelas atashi dapet tema 'LOMBOK'. Bayangkan,apa pula makanan khas Lombok? Kesana aja belom pernah. Dan akhirnya dengan berbekal iman dan taqwa,atashi dan teman-teman memutuskan buat dagang 'NASI IJO'. Tau gak? Tau tau? Ahh..sama aja kayak nasi biasa. Cuma warnanya doang yang ijo. Katanya temen atashi,nasinya enak dan lumayan laku pas ada Bazar di SMP dulu. Jadilah kita,dengan sotoy dan pede pesen 100 bungkus. 100 bungkus teman! Subhanallah.
Acaranya tadi mulai jam 9. Tapi kita harus udah stand by disana dari jam 7. Kawan,atashi dipaksa buat ikutan vokal grup. Apa pula itu coba? Atashi malu banget. Mana nyanyinya geje. Haduuu..malu malu malu. Tadi tuh kan acaranya sampe jam 2.an. Dilanjutin lagi besok main event SATASVAGANZA. Dan kawan,disinilah musibah itu dimulai.
Karena kesotoyan dan kepedean kita yang mesen nasi 100 bungkus,akhirnya dengan indah nasi-nasi yang warnanya indah itu sama sekali gak dilirik sama pengunjung yang dateng ke kelas atashi. Yang beli paling cuma berapa orang. Dan kawan,sungguh amat sangat indah,nasi itu nyisa hampir setengahnya alias KAGAK LAKU! Hiks..mau dikemanain nasi segitu banyaknya. Tadinya mau dibagiin ke anak-anak sekelas,tapi taunya udah pada pulang duluan. Akhirnya,po' imeh (namanya halimah) punya ide,gimana kalo nasi sisa yang banyak ini dibagiin ke yang membutuhkan. Setujuuu~. Daripada mubazir dibuang ya mendingan dibagiin aja. Dan berangkatlah aku, po' imeh, umi, jia, achiw, dian, tata, simka, arin, sma farah. Tujuan kita mulai dari Mesjid Agung trus ke sepanjang jalan HZ. Nyari-nyari kaum jompo yang membutuhkan. Ehh..lucunya,ada tukang jual gorengan bilang gini "eh neng,ukeun lah emang(maksudnya,'de,saya minta ya')". Kita gak bisa kasih. Soalnya kita bawanya juga gak banyak. Dan si Jia pun beraksi menipu si emang tukang gorengan itu.
Jia : Maaf ya pak,kita tu persediaannya terbatas. Kita dikasih amanat sama Pak Walikota buat ngasihin ini ke kaum yang gak mampu. Nanti kalo emang ada sisanya kita pasti kasih kok.
Ha? Pak Walikota dia bilang? Apanya yang Pak Walikota! Yaaa..sudahlah. Semoga emang itu berfikir bahwa alasan bawa-bawa Pak Walikota itu cukup rasional. Phew!
Kita pun meneruskan perjalanan. Nyari-nyari kaum duafa yang lagi duduk-duduk di pinggir jalan. Tapi kawan,ada 1 orang bapa,yang pas kita kasih makanan itu malah nolak. Ayolahh..itu kan gak beracun. Akhirnya diterima juga,dan kita pun tersenyum senang. Eh taunya..baru aja jalan berapa langkah,si nasi itu malah ditaro dipinggir jalan sama bapanya. Ckckck.
Dan kita pun jalan lagi. Lho..lho..lho ? Pada kemana nih? Biasanya suka banyak dipinggir jalan. Tapi kok sekarang gak ada?
Atashi : Ima,kok pada gak ada ya?(atashi ngos-ngosan. Cape banget wew!)
Halimah : Iya. Kayaknya sih udah ada penertiban. Biasanya suka banyak di pinggir jalan.
Jia : Wew! Tasik udah makmur euy. Komo mun aku nu jadi walikotana engke! (Kuberi tahu kawan,dia ini sangat terobsesi buat jadi Walikota Tasikmalaya tahun 2033)
Atashi : Mun kamu nu jadi Walikotana,rek pindah aku mah Ji. Moal di Tasik deui! (Kalo kamu yang jadi walikotanya,aku mau pindah,gak mau tinggal di tasik lagi!)
Pernyataan atashi diiyakan oleh teman-teman yang lain.
Dan pas udah setengah jalan,eh..akhirnya nemu juga. Ada di seberang jalan ternyata. Si Jia pun nyebrang buat ngasihin Nasi itu.
Atashi : Bawa 2 aja Ji. Masih banyak banget nih!
Dan kawan,ironis sekali. Masa dia ngerokok? Astagfirullah. Dalam keadaan yang kayak gitu dia masih bisa ngerokok? Dan si Jia pun gak jadi ngasih 2. Bapa-bapanya cuma nyengir pas dikasih nasi. Dan mungkin malu karena ketauan ngerokok.
Halimah : Ih,masih ada ya uang buat ngerokok? Kalo masih ada uang sisa buat beli rokok ngapain ngemis-ngemis gitu!
Wesh! Po imeh tajem omongannya. Tapi atashi sangat amat setuju sekali. Setujuuu~.
Dan perjalan kita pun berakhir di ujung jalan HZ.
Tata : Mau kemana lagi nih? Nasinya masih banyak
Simka : Mendingan tanyain deh ke Pak Polisi,tempat yang biasanya banyak kaum jomponya dimana. Atau ngga kita ke pusatnya.
Halimah : Iya sih. Tapi kalo emang mau ke panti gitu mah bawanya harus banyak banget.
Atashi : Ahh..balik ke sekolah lagi aja. Ntar dibagiin ke emang beca yang disana kan bisa.
Dan kami pun kembali ke sekolah. Jalan kaki lagi deh!


1 Komentar:
Minta dong nasi ijonya dong....
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda